Bersama Tuhan Ada Berkat Melimpah (Amsal 3. 1-26)


             Janganlah engkau melupakan ajaranku, dan biarlah hatimu memelihara perintahku, karena panjang umur dan lanjut usia serta sejahtera akan ditambahkan kepadamu. Janganlah kiranya kasih dan setia meninggalkan engkau, kalungkanlah pada lehermu, tuliskanlah itu pada loh hatimu, maka engkau akan mendapatkan kasih dan penghargaan dalam pandangan Allah serta manusia. Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar pada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu. Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri bijak, takutlah akan Tuhan dan jauhilah kejahatan; itulah yang akan menyembuhkan tubuhmu dan menyegarkan tulang-tulangmu. Muliakan Tuhan dengan hartamu dan dengan penghasilan pertama dari segala penghasilanmu, maka lumbung-lumbungmu akan diisi penuh sampai melimpah-limpah dan bejana pemerahanmu akan meluap dengan air buah anggurnya. 

            Janganlah menolak didikannya dan janganlah engkau bosan akan peringatanNya, karena Tuhan memberi ajaran kepada yang dikasihiNya, seperti seorang ayah kepada anak yang disayangi. Berbahagialah orang yang mendapatkan pencerahan, orang yang mendapatkan kepandaian, karena  keuntungannya melebihi keuntungan perak, dan hasilnya melebihi emas, ia lebih berharga daripada permata, apapun yang kau inginkan tidak dapat menyamainya, umur panjang ada ditangan kanannya, ditangan kirinya kekayaan dan kehormatan, jalannya adalah jalan penuh bahagia, segala jalannya  sejahtera semata-mata, Ia menjadi pohon kehidupan bagi orang yang memegangnya, siapa yang berpegang kepadanya akan disebut bahagia.

            Janganlah pertimbangan dan kebijaksanaan itu menjauh dari padamu, peliharalah itu maka itu akan menjadi kehidupan bagi jiwamu dan perhiasan bagi lehermu, maka engkau akan berjalan dijalanmu yang aman dan kakimu tidak akan terantuk.

            Janganlah menahan kebaikan daripada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya, Janganlah engkau berkata kepada sesamamu ; pergilah dan kembalilah besok akan kuberi sedangkan yang diminta ada padamu. Janganlah merencanakan kejahatan kepada sesamamu, sedangkan tanpa curiga dia tinggal bersama-sama dengan engkau.

            Janganlah bertengkar tidak semena-mena dengan seseorang, jikalau ia tidak berbuat jahat kepadamu, janganlah iri hari kepada orang yang melakukan kelaliman, dan jangan memilih satupun dari jalannya, karena orang sesat adalah kekejian bagi Tuhan, tetapi dengan orang jujur Ia bergaul erat, Kutuk Tuhan ada didalam rumah orang fasik, tetapi tempat kediaman orang benar diberkatiNya. Apabila Ia menghadapi pencemooh maka Ia pun akan mencemooh, tetapi orang yang rendah hati dikasihiNya, orang bijak akan mewarisi kehormatan, tetapi orang bebal akan menerima cemooh

This entry was posted in Doa & Pujian Antar Waktu and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s