Arti Mencintai Dalam Pekerjaan


Mencintai dapat diartikan, memberikan sesuatu yang terbaik mencurahkan segala bentuk perhatian  dengan segenap hati yang dimiliki dengan segala daya upaya untuk satu tujuan hasil yang terbaik bagi yang dicintai. Dia mau mengorbankan diri walaupun susah, walaupun sakit, dengan tidak mengenal waktu, dimanapun dia berada selalu memikirkan yang dicintai, Dia memiliki tanggung jawab yang sangat besar, sehingga menimbulkan perasaan sakit apabila dia yang dicintai dilukai perasaanya.  Cinta itu membawa kebaikan, dan kebaikan itu membawa engkau menuju Allah.

Saudaraku, bila merenungkan arti cinta sungguh suatu usaha untuk membahagiakan yang dicintai,  bagaimana dengan yang dicintai itu kita sebut pekerjaan!

Bagi kita, yang kebetulan memiliki profesi sebagai pribadi karyawan, pengusaha, guru atau professional, apabila kita menerapkan dengan sungguh-sungguh arti cinta tersebut pada pekerjaan, dapat saya pastikan bahwa saudara akan menjadi orang sukses, orang yang berhasil dalam profesinya.

Maka ada baiknya setelah kita disadarkan perlu segera menyusun langkah-langkah baru, meninggalkan yang lalu bila dirasa menyimpang dan meneruskan apabila sudah berada dalam jalan yang benar.  Tetapi  akan menjadi suatu tantangan tersendiri apabila kita mendapat posisi seorang pemimpin, seorang pemilik usaha, yang menginginkan karyawan, anak buah, untuk memiliki rasa cinta akan pekerjaanya.

Cinta tidak dapat dipaksakan, tetapi dapat ditumbuhkan, dikembangkan hingga menyatu dalam satu darah dan satu daging. Arti mencintai dalam pekerjaan, adalah membawa saudara kita, bawahan kita, anak buah kita, karyawan kita untuk mencintai pekerjaanya, proses menumbuhkan memerlukan suatu kondisi atau lingkungan kerja yang mendukung, kondisi atau lingkungan yang mendukung itu kita sebut “penghargaan” yang layak, meletakkan pribadi karyawan pada tempat yang sesuai pada porsinya, tanpa mengurangi atau melebihkan, mempermudah “komunikasi”, dan melakukan semuanya secara “transparan”,  memuji  didepan orang banyak apabila memiliki prestasi,  dan menegur secara 4 mata apabila melakukan kelalaian, dengan tetap pada satu tujuan arti dari cinta tersebut.   Tahap selanjutnya yaitu mengembangkan, proses mengembangkan dapat dilakukan dengan cara memberikan “perhatian”, hingga karyawan selalu merasakan tidak berjalan sendiri dalam kegelapan, dia merasa digandeng oleh tangan yang kuat, didukung apabila lemah dan di dorong apabila lelah.  Maka saya yakin apabila kita berani menerapkan arti cinta didalam pekerjaan maka secara perlahan tetapi pasti akan terbentuk team yang solid, saling mendukung dan terikat satu sama lain sebagai keluarga besar dengan dilandasi rasa mencintai akan pekerjaannya.

Ketika saya menghadiri undangan suatu seminar pengembangan kepribadian yang menghadirkan narasumber cukup terkenal, dengan materi pembahasan meningkatkan kinerja perusahaan, yang banyak dibahas adalah pentingnya perubahan image karyawan kepada tempat dia bekerja, ditekankan bahwa kebanggaan menjadi karyawan, adalah kunci nomor satu. Saya menangkap bahwa kebanggaan menjadi bagian dari perusahaan terkandung didalamnya makna cinta terhadap perusahaan tempat dia bekerja. Bagaimana bekerja dengan baik dan menghasilkan performance yang optimal apabila karyawan tidak bangga, tidak cinta akan perusahaan tempat dia bekerja.

Saudara, Republik Rakyat Tiongkok (Taiwan), memiliki rakyat dengan kesadaran/ nasionalisme yang sangat tinggi, keadaan Negara yang selalu terancam dicaplok Negara China, mengharuskan pemerintah memberlakukan wajib militer bagi seluruh rakyatnya dan satu lembar piagam telah menjalankan wajib militer adalah syarat untuk diterima kerja dinegeri tersebut, tetapi yang cukup menarik dicermati adalah mulai pendidikan Elementery school, hingga university di Taiwan, setiap pagi diwajibkan mengangkat sumpah melalui media patung Bapak Nasional Ciang Kai Sek untuk tetap setia dalam membela Negara Taiwan. Kondisi demikian menumbuhkan dan mengembangkan setiap warga untuk mencintai negaranya. Dari kisah demikian mungkin ada baiknya dapat kita implementasikan pada perusahaan kita, melalui cara yang sudah diadaptasikan seperti : pemberian seragam kerja dengan tulisan symbol dan komitmen perusahaan, pencantuman nama dan symbol pada tempat-tempat strategis, dan dengan cara-cara lainnya, dengan maksud yang sama.

Apabila sudah timbul kebanggaan artinya tahap awal sudah terbentuk, tinggal langkah berikutnya menyusun pola hubungan industrial yang saling mengguntungkan. Mengembangkan arti mencintai dalam pekerjaan adalah sangat penting sebagai dasar kemajuan suatu usaha atau kesuksesan dalam pribadi individual apapun profesi yang ditekuni.

This entry was posted in Motivasi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s